Kemitraan Strategis Arkana dan Perum Bulog: Sukses Implementasi Odoo untuk Sistem Akuntansi

Jakarta, 27 Agustus 2024 - PT Arkana Solusi Digital hadir di acara Odoo Roadshow 2024, acara ini bertujuan untuk membangun hubungan bisnis yang berkelanjutan khususnya industri accounting ataupun finance. Dalam kegiatan ini Arkana berkesempatan melaksanakan diskusi panel dengan Perum Bulog. Implementasi Odoo nation wide operation di Perum Bulog ini merupakan kolaborasi sebagai wujud komitmen Arkana dalam mendorong digitalisasi bisnis di Indonesia.

Joenan Rayhan, Chief Executive Officer (CEO),  PT Arkana Solusi Digital, menyampaikan “Masalah yang terjadi ketika menghadapi auditor dan orang pajak biasanya terkait laporan keuangan yang berhubungan dengan salah input UoM (Unit of Measure) oleh user, quality transaksi yang besar sehingga pembulatan semakin lama semakin membulat sehingga selisih desimal semakin besar. Selain itu, masalah yang terjadi biasanya mengenai perhitungan pajak yang berubah-ubah serta integrasi bank H2H”. 

Arkana menunjukkan komitmennya sebagai gold partner Odoo sejak 2019

Sejak menjadi Gold Partner Odoo pada tahun 2019, Arkana telah sukses mengimplementasikan lebih dari 50 proyek akuntansi. Diantaranya,  Penerapan sistem terintegrasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis UKM, Implementasi enterprise, pemulihan dan perbaikan sistem yang mengalami kegagalan implementasi sebelumnya, optimalisasi kinerja sistem melalui penyesuaian konfigurasi.

Implementasi akuntansi untuk nation wide operation di Perum Bulog pada tahun 2021 merupakan sebuah proyek besar bagi Arkana. Dengan jaringan yang luas mencakup 26 kantor wilayah dan 133 kantor cabang serta volume transaksi harian mencapai ribuan, proyek ini menuntut solusi yang mampu mengakomodasi kompleksitas operasi Bulog dalam skala yang sangat besar.

"Perum Bulog telah memiliki sistem informasi logistik  dan sistem informasi akuntansi sebagai cikal bakal ERP. Namun, integrasi yang terbatas pada beberapa proses saja menghambat optimalisasi sistem secara keseluruhan” ujar Rio Sihombing, Senior Business Analyst.

Keberhasilan Arkana implementasikan Odoo di Perum Bulog sebagai wujud transformasi digital perusahaan

Rio menambahkan “Implementasi Odoo di Perum Bulog merupakan langkah signifikan dalam mewujudkan transformasi digital perusahaan. Dengan mengintegrasikan seluruh proses bisnis dari kantor wilayah 26 dan kantor cabang sekitar 133 tersebar dari sabang sampai merauke. Kini mampu mengelola data secara lebih efisien dan akurat. Otomatisasi proses bisnis yang mencapai 95% penutupan laporan keuangan lebih cepat, yakni pada tanggal 3 untuk level induk dan tanggal 7 untuk konsolidasi”.

Perum Bulog sebagai badan usaha milik negara sudah terintegrasi Odoo menjadi langkah digitalisasi pada proses bisnis, dalam mengantarkan kebaikan ke seluruh stakeholder sesuai dengan tagline nya “Delivering Goodnes”.

“Pengalaman Perum Bulog ini menjadi bukti nyata bahwa implementasi Odoo mampu menjawab tantangan pengelolaan keuangan di perusahaan berskala besar. Arkana senantiasa menjadi gold partner Odoo dalam membantu digitalisasi bisnis proses di Indonesia” tutup Joenan.


di dalam Arkana Blog
Share post ini