Arkana bersama PT Kasana Teknindo Gemilang, yang merupakan perusahaan distributor alat-alat berat, telah melaksanakan Kick-off Meeting Implementasi Odoo CRM Pada Rabu, 3/7/2024.
Kenapa PT Kasana Teknindo Gemilang Memutuskan Impelementasi CRM?
Rana, Project Manager dari PT Kasana Teknindo Gemilang, menjelaskan mengapa PT Kasana Teknindo Gemilang memutuskan untuk implementasi CRM,
“Jadi pertama itu kan berkaitan dengan hubungan dengan customer. Jadi top management itu ingin melihat sebuah data yang bisa ngebaca kebutuhan customer itu apa sehingga kita bisa mengambil putusan gitu. Untuk [menentukan] langkah selanjutnya perusahaan itu gimana. Baik dari sisi kebutuhan akan merek, akan harga, nah itu kan semuanya di CRM itu ada. Jadi itu buat decision dan top management untuk langkah selanjutnya itu gimana supaya perusahaan ini bisa tetap berjalan gitu.”
Odoo Jauh Lebih Fleksibel Dibanding yang Lain
“Ya Odoo ini pertama ya saya sebetulah kan udah review banyak software juga. Dari software yang apa namanya yang udah jadilah ya yang un-customable lah pokoknya. Terus ada juga software yang customable dan salah satunya Odoo. Nah Odoo ini saya lihat jauh lebih flexible dibanding yang lain. Kalau yang lain, itu agak sedikit kaku dan saya juga udah ngebuktiin juga sih di berbagai vendor. Ya emang nggak full customize gitu. Dan ternyata si Odoo ini luar biasa gitu. Banyak full customize nya lah. Sehingga requirement kita ini, kemungkinan besarnya itu bisa terimplementasi sangat besar. Ya mungkin sekitar 80% - 90% lah.” Ungkap Rana, Project Manager dari PT Kasana Teknindo Gemilang
Kenapa Memilih Arkana Menjadi Partner Implementasi Odoo?
Rana, Project Manager dari PT Kasana Teknindo Gemilang, menjelaskan mengapa PT Kasana Teknindo Gemilang memilih Arkana sebagai partner implementasi Odoo,
“iya, yang pertama nih, kalau boleh jujur sih, ke-satu harga, nah harga oke lah, lebih bersaing dibanding yang lain, terus, apa namanya yang kedua, lokasi juga dekat dari kita sehingga kalau memang amit-amit ada apa-apa, kita bisa sidak gitu kan, gampang lah ngejangkaunya gitu ya terus yang ketiga juga dari tim Arkana juga sangat antusias jadi kita mau minta bukti “Pak, ini bisa nggak dijalankan?” gitu, karena kita ragu nih, ini bisa dijalankan di Odoo, padahal di program yang lain gak bisa jalan. Dibuat demo, bisa ternyata nah akhirnya ya udah kita go. Tapi di vendor-vendor lain itu saya minta bukti aja lama banget, akhirnya yang paling cepat responnya Arkana, ya udah Arkana lah kita pilih.”
Tantangan implementasi CRM Menurut PT Kasana Teknindo Gemilang
Rana, Project Manager dari PT Kasana Teknindo Gemilang, juga mengungkapkan tantangan dalam implementasi CRM di Kasana,
tantangan implementasi dalam CRM yang pertama itu sebetulnya adalah kita mesti pintar-pintar dalam analisa ya jadi contoh semua orang atau semua divisi itu kan punya requirement masing-masing, nah tapi kita sebagai IT di perusahaan itu harus pinter pinter analisa juga dalam artian apabila ada satu permintaan yang memang tidak bisa, ya itu kita mesti bisa apa namanya, putuskan juga bahwa itu kayaknya nggak bisa di suatu program gitu karena nggak mungkin, mungkin ada kekurangan ini itu gitu kan ya maka kita sebagai IT juga mesti kasih solusi lain gimana caranya supaya bisa diterapkan dalam sebuah program gitu. ya memang sih jadi IT ini minimal mesti ngerti logic pemrograman juga lah sehingga kalau kita mau pilih program lain di vendor lain itu enak gitu bahwa kita lebih bisa kira-kira ini kayaknya bisa nih di program ini, nah itulah tantangannya